Categories
Parenting

Apa Yang Dilakukan Dokter?

Sebagai gambaran, ini beberapa tindakan yang dilakukan dokter gigi terkait masalah pada gigi yang dialami mamil. • MENGATASI GIGI BERLUBANG. Gigi yang berlubang berpotensi menjadi tempat tinggal kuman dan bakteri serta menimbulkan nyeri. Oleh karena itu, gigi perlu ditutup untuk mencegah timbulnya masalah lain pada gigi dan gusi. Pertama-tama, dokter akan membersihkan gigi, memberikan penghilang rasa sakit pada area gigi yang berlubang, lalu menutupnya.

Baca juga : Kerja di Jerman

Semua tindakan ini aman dan selama Mama tidak stres, maka tidak akan memengaruhi kandungan. Jika Mama merasa nyeri akibat gigi berlubang tak kunjung mereda, dokter dapat meresepkan obat pereda nyeri khusus yang aman dikonsumsi oleh mamil. Sementara penambalan gigi secara permanen akan dilakukan oleh dokter saat kehamilan Mama memasuki trimester kedua, setelah fase pembentukan organ vital janin terlewati. • MENCABUT GIGI. Dokter gigi akan menghindari melakukan pencabutan gigi di trimester pertama agar tidak membahayakan proses pertumbuhan organ-organ vital janin.

Pasalnya, setiap tindakan pencabutan gigi diawali dengan pemberian obat anestesi kepada pasien. Obat ini pasti akan masuk ke peredaran darah dan bisa menyebar sampai ke dalam kandungan. Selain itu, banyak orang ketakutan ataupun stres saat akan menjalani pencabutan gigi. Bila ini dirasakan oleh mamil, maka tubuhnya akan mengeluarkan hormon prostaglandin yang dapat memicu kontraksi dan berakibat pada keluarnya janin atau keguguran. Jika kondisi gigi mamil benar-benar sudah parah, dokter akan memberikan pengobatan paling aman untuk meredam rasa sakit serta melindunginya dari risiko infeksi.

Pencabutan gigi baru dapat dilakukan setelah Mama menjalani persalinan. Akan tetapi, seandainya pencabutan harus dilakukan secepat mungkin, dokter akan menunggu sampai akhir masa trimester ketiga karena di saat itu janin sudah cukup umur dan siap dilahirkan. • PERAWATAN SALURAN AKAR. Perawatan saluran akar atau root canal dilakukan untuk mengatasi gigi patah atau berlubang tanpa mencabut gigi. Tindakan ini aman bagi mamil, karena dokter tidak menggunakan obat suntik saat mematikan saraf. Obat yang dipakai untuk menutup gigi pun tidak akan masuk ke peredaran darah.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *